Cara Mengatur Nafas Saat Lari Agar Tidak Cepat Kehabisan Nafas

Rabu, Juni 6th 2018. | Artikel, Ki Jagad WS Pamungkas

Cara Mengatur Nafas Saat Lari Agar Tidak Cepat Kehabisan Nafas

Setiap atlet lari perlu untuk mengetahui cara bernafas saat berlari yang benar supaya tak kehabisan napas sekaligus menghindari rasa sesak selain mempersiapkan stamina dan juga mencari cara memilih sepatu lari yang tepat. Sistem pernapasan adalah faktor yang memengaruhi efektivitas atlet lari dan seorang pelari dapat membawa oksigen secara banyak, maka biasanya cara larinya pun akan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan pelari-pelari yang lain.

Kehabisan napas adalah masalah yang umum di mana harus dihadapi atau dialami oleh para pelari, jadi tentunya mengenal cara bernapas secara efisien adalah hal yang diperlukan oleh para atlet lari. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara yang kiranya dapat membantu supaya tak cepat kehabisan napas sewaktu melakukan aktivitas lari, khususnya lari jarak jauh. Yang bisa Anda lakukan agar tidak cepat kehabisan napas saat berlari :

Berlatih Olah Pernafasan WS Pamungkas

Dengan mengikuti olahraga pernafasan WS Pamungkas, anda akan dilatih dengan berbagai tata gerak jurus dan teknik pernafasan. Sehingga anda akan memiliki organ pernafasan yang kuat, sehat dan stamina yang luar biasa. Selain itu berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan nafas akan segera berkurang, hilang dan tidak kambuh lagi.

Bagi anda yang ingin mengikuti Program Pelatihan Privat, silahkan menghubungi kontak person dibawah untuk bertanya seputar pelatihan olah pernafsan dan tenaga dalam.

Kontak Pendaftaran Program Privat WS Pamungkas

  • Bapak Hilman Hadiwijaya
  • SMS / WhatsApp : +62823 2625 7711

Melakukan Pemanasan Yang Cukup

Lakukan pemanasan selama minimal 20 menit dengan berjalan atau jogging dengan kecepatan yang standar. Pemanasan berfungsi mempersiapkan tubuh Anda sebelum melakukan olahraga yang secara bertahap meningkatkan denyut jantung dan pernapasan. Berkeringat merupakan tanda yang baik bahwa tubuh Anda telah memanas, jadi gunakan hal itu sebagai panduan dan kemudian secara bertahap mulailah mempercepat langkah.

Melakukan Teknik Pernafasan Yang Tepat

Pernapasan yang salah dapat menjadi salah satu penyebab sesak napas. Jika pernapasan terlalu dangkal, maka hal itu tidak akan efektif untuk pertukaran udara. Cobalah bernapas dalam-dalam pada posisi diam, mulailah dengan menenangkan diri, tarik napas sepenuhnya, lalu turunkan bahu perlahan sambil menghembuskan napas. Saat Anda mengeluarkan napas dalam-dalam dan memaksa udara keluar dari paru-paru Anda dengan diikuti oleh tarikan napas yang dalam, maka ini dinamakan sebagai pernapasan perut. Hal ini ditandai oleh perut Anda yang bergerak naik-turun. Anda dapat menyentuh perut Anda untuk merasakan pergerakan perut tersebut, jika perut bergerak naik-turun maka Anda telah bernapas dengan benar.

Berlatih Berlari Di Dalam Ruangan

Cobalah berlari di dalam ruangan menggunakan treadmill. Bagi Anda yang memiliki keluhan sulit bernapas akibat alergi, maka berlari di dalam lingkungan dengan iklim yang terkontrol dapat mengurangi gejala alergi akibat suhu rendah, suhu lembap, dan penyebab lainnya.

Kombinasikan Berjalan Dan Berlari

Beristirahatlah dengan berjalan sejenak saat berlari untuk memulihkan stamina dan memungkinkan Anda bernapas. Buatlah jadwal interval untuk berjalan sebelum Anda terengah-engah dan atur waktu interval berlari selama 5 menit dan berjalan selama 1 menit, lalu ulangi urutan ini. Lihatlah apakah hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi atau menunda sesak napas.

Berjalan Dengan Langkah Yang Panjang

Gerakan ini dapat membuat Anda melangkah lebih jauh dengan usaha yang minimal dan dapat mengurangi tuntutan yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular Anda. Selanjutnya, Anda mungkin tak menyadari irama napas Anda yang mengikuti gerakan langkah saat berjalan. Ketika Anda melangkah, Anda pasti bernapas, hal ini dapat membuat Anda tidak memiliki kemungkinan untuk kehabisan napas.

Bernapas Melalui Mulut / Pernafasan Mulut

Tarik napas melalui mulut Anda. Meskipun praktik pernapasan banyak yang menyarankan untuk bernapas melalui hidung untuk mengontrol aliran udara, namun ketika berlari tubuh Anda akan menuntut asupan oksigen yang lebih besar dari volume oksigen yang disalurkan melalui hidung Anda, sehingga napas melalui mulut merupakan solusi yang terbaik. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hiruplah napas dalam-dalam, jangan menghirup dengan tergesa-gesa, lakukanlah pengambilan napas yang panjang dan stabil.

Kecepatan Berlari Yang Tepat

Cobalah berjalan pada kecepatan yang dapat membuat Anda bernapas lebih mudah. Gunakan tes berbicara untuk mencari tahu apakah kecepatan Anda telah sesuai. Anda harus dapat berbicara dengan kalimat lengkap, tanpa terengah-engah. Jika Anda tidak dapat melakukannya, maka Anda harus mengurangi kecepatan atau mengambil istirahat dengan berjalan.

Cara Mengatur Nafas Saat Lari Agar Tidak Cepat Kehabisan Nafas

Cara Mengatur Nafas Saat Lari Agar Tidak Cepat Kehabisan Nafas

teknik pernafasan berlari jarak jauh

pernafasan berlari, pernafasan semasa berlari, pernapasan ketika berlari, cara pernafasan berlari, pernafasan dalam berlari, teknik pernafasan berlari, pernapasan saat berlari, cara melatih pernafasan berlari, teknik pernafasan dalam berlari, cara pernafasan dalam berlari, cara mengatur pernafasan dalam berlari, cara melatih pernafasan dalam berlari, pernafasan dalam lari, pernafasan lari jarak jauh, pernafasan lari jarak menengah, pernafasan lari jarak pendek.

cara pernapasan ketika berlari

teknik pernapasan ketika berlari, tips pernapasan ketika berlari, pernafasan yang betul ketika berlari, cara mengawal pernapasan ketika berlari, cara melatih pernapasan ketika berlari, cara mengatur pernapasan ketika berlari, teknik pernafasan semasa berlari, cara pernafasan semasa berlari, kawal pernafasan semasa berlari, cara mengawal pernafasan semasa berlari, teknik pernapasan saat berlari, cara pernapasan saat berlari, mengatur pernapasan saat berlari, tips pernapasan saat berlari, teknik pernafasan untuk berlari, pernafasan yang baik untuk berlari, pernafasan lari yang benar

tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,